Partai Golkar
Partai Golkar
SITEMAP
Dewan Pimpinan Pusat

PARTAI GOLKAR

Ke atas
Ke atas a
Ekonomi Berita Satu

Menperin Ingin AS Berinvestasi ke 3 Sektor Ini

21 Apr 2017
16 Views
0 Comments

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Michael Richard Pence ke Indonesia diharapkan memperkuat sektor perekonomian, termasuk kegiatan ekspor Indonesia ke AS.

Airlangga mengatakan, kunjungan kenegaraan tersebut juga diharapkan lebih meningkatkan kerja sama dan investasi di sektor industri. "Selama ini neraca dagang kita dengan AS positif. Kami mendorong mereka agar tertarik berinvestasi di sektor industri pembangkit listrik, kemudian industri digital, dan industri consumer product," kata Menperin di Jakarta, Kamis (20/3).

Menurutnya, Indonesia dapat meningkatkan kerja sama dengan AS pada sektor-sektor yang cukup berkembang di Tanah Air. Langkah ini penting lantaran Indonesia masih membutuhkan transfer teknologi dari negeri Paman Sam tersebut. “Kami juga mendorong bahwa apa yang diproduksi di Indonesia tidak diproduksi di AS, dalam arti complimentary. Ekspor kita banyak di tekstil dan sepatu,” tuturnya.

Di sisi lain, Menperin memuji berlangsungnya pesta demokrasi dalam Pilkgub DKI Jakarta yang aman dan tertib. Menurutnya kondisi itu akan memberikan sinyal positif kepada dunia internasional. “Proses demokrasi telah berjalan dengan damai dan aman. Itu memberikan sinyal positif bahwa di Indonesia proses demokrasi berjalan baik dan transparan,” ungkapnya.

Airlangga menilai secara keseluruhan Pilgub DKI Jakarta tidak mempengaruhi aktivitas industri. Pasalnya, pemerintah terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif agar pelaku industri dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan diharapkan investor aktif berekspansi di Indonesia. “Untuk lingkungan industri positif dan tidak ada yang terganggu baik itu investasi di sektor industri tetap berjalan seperti biasa,” imbuhnya.

Meski ibu kota negara, menurutnya, bukan berarti kondisi iklim industri di Jakarta mencerminkan iklim industri di Indonesia secara keseluruhan. Karena masih ada kota-kota lain di Indonesia yang juga menjadi penyumbang pasar industri.

Namun Airlangga optimistis kepada pemimpin DKI Jakarta yang akan terpilih dapat membawa dampak positif pada iklim usaha. “Seperti latar belakang Pak Sandi kan pebisnis, dan Pak Anies juga sebelumnya memiliki komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Saya pikir pemerintahan di Jakarta berikutnya akan pro bisnis dan diharapkan mampu mendongkrak industri bisnis dan jasa,” papar Airlangga.

Sumber

0 Komentar

Login Komunitas

Email Anda
Password Anda

Manfaat

  • Akses ke Forum Online Partai Golkar
  • Mendapatkan Online Newsletter Secara Berkala
  • Dapat Memberikan Komentar Pada Berita
  1. Setelah anda mendaftar anda akan menerima email verifikasi
  2. Setelah Email Verifikasi sukses, Anda akan menerima email selanjutnya yang berisikan: Nama, Email dan Password yang kami buat secara otomatis

Mari Bergabung Sekarang

Nama Anda
Email Anda

Berita Lainnya

Tidak Tersedia dalam mode landscape