Partai Golkar
Partai Golkar
SITEMAP
Dewan Pimpinan Pusat

PARTAI GOLKAR

Ke atas
Politik Aktual

Pasca Munaslub, Setnov Harus Bawa Golkar Keluar dari Sentimen Negatif

24 Aug 2016
Aktual
0.0M Views
0 Comments

Jakarta — Pengamat politik Universitas Nasional, Jakarta, Mohammad Hailuki mengatakan Partai Golkar pasca munaslub di Bali yang mengukuhkan Setya Novanto sebagai Ketua Umum partai berlambang beringin itu harus memiliki kemampuan untuk menghadapi sentimen negatif masyarakat.

“Di era dimana partisipasi politik publik semakin tinggi, hal utama yang harus diinsyafi adalah persepsi dan sentimen publik,” kata Luki di Jakarta, Rabu (18/5).

Mohammad Hailuki mengatakan kasus yang pernah dialami oleh Setya Novanto sehingga ia mengundurkan diri dari jabatan sebagai Ketua DPR seharusnya juga menjadi pertimbangan Setya Novanto dalam memimpin partai tersebut menghadapi pemilihan umum 2019 dan pemilihan kepala daerah serentak pada Februari 2017.

Menurut dia, publik mengharapkan sosok berintegritas sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar, jika dirasa sulit menemukannya paling tidak perlu dicari figur yang minim kontroversi.

“Kepentingan publik ini yang semestinya diagregasi oleh Golkar dalam sosok ketua umumnya. Sehingga Golkar tidak hanya bisa melakukan konsolidasi internal melainkan juga memulihkan kepercayaan masyarakat pemilih,” paparnya.

Luki yang juga peneliti Centre for Indonesian Political and Social Studies (CIPSS), mengatakan jangan sampai energi dan perhatian elit Partai Golkar terkuras untuk menghadapi sentimen negatif masyarakat dibandingkan menyiapkan mesin politik bagi pilkada serentak dan juga pemilu 2019.

“Bila itu terjadi, konsolidasi tak optimal, kepercayaan pemilih pun tak pulih,” katanya.

Sumber

0 Komentar

Login Komunitas

Email Anda
Password Anda

Manfaat

  • Akses ke Forum Online Partai Golkar
  • Mendapatkan Online Newsletter Secara Berkala
  • Dapat Memberikan Komentar Pada Berita
  1. Setelah anda mendaftar anda akan menerima email verifikasi
  2. Setelah Email Verifikasi sukses, Anda akan menerima email selanjutnya yang berisikan: Nama, Email dan Password yang kami buat secara otomatis

Mari Bergabung Sekarang

Nama Anda
Email Anda

Opini Lain

Tidak Tersedia dalam mode landscape