Partai Golkar
Partai Golkar
SITEMAP
Dewan Pimpinan Pusat

PARTAI GOLKAR

Ke atas
Politik Viva

Pesan Politik dan Komunikator Handal

14 Sep 2017
Viva
238 Views
0 Comments

Deni Yusup
Peneliti Nusantara Riset dan Ketua PP AMPG

VIVA.co.id – Politik menjadi sesuatu yang menarik bagi sebagian orang. Terutama bagi orang yang beraktivitas di dunia sosial politik. Politik sejatinya bagi warga adalah sikap setiap warga negara yang menginginkan kemajuan dan memperhatikan setiap perjalanan negaranya.

Dengan kebebasan yang ada saat ini di era keterbukaan, kita bisa melihat keterbukaan berpendapat yang begitu bebas di media sosial, media online, media cetak, dan elektronik. Banyak sikap dan pernyataan politik yang disampaikan oleh setiap warga negara.

Sikap aktif politik dewasa ini didorong dengan perkembangan sosial politik masyarakat dengan era teknologi. Masyarakat khususnya generasi muda, menjadi melek politik dari berbagai sumber yang mereka terima di dunia maya, dan dari berbagai medsos yang hampir setiap generasi muda saat ini memilikinya.

Ada istilah di era teknologi ini, bahwa setiap orang bisa menentukan arah hidupnya sendiri dan bisa mengaktualisasi dirinya mau dibawa ke mana. Hal ini disebabkan karena begitu dekatnya dunia dengan teknologi. Bisa mendapatkan akses informasi dengan begitu cepat dalam setiap detiknya. Perubahan sosial yang begitu cepat dan kebebasan yang mereka miliki mengakibatkan jarak terasa dekat di dunia ini.

Kembali pada persoalan perkembangan politik dewasa ini. Pesan politik yang akan disampaikan oleh partai politik juga menjadi lebih mudah. Partai politik sebagai penjaga dan benteng demokrasi, sebagai bagian integral dalam demokrasi, dan partai yang menentukan arah tujuan bangsa melalui pemimpin bangsa ini. Baik presiden, gubernur, dan bupati. Semua terpilih melalui partai politik. Begitu pentingnya partai politik.

Sadar tidak sadar, memang tantangan partai politik saat ini adalah untuk menyampaikan pesan politik. Banyak media sebagian besar menyampaikan pesan politik ini. Tentunya, selain dengan bertatap muka melakukan pertemuan dan dalam forum-forum langsung dalam menyampaikan pesan politiknya.

Pesan politik yang akan disampaikan oleh partai politik untuk masyarakat tentu memiliki kekuatan nilai yang tinggi untuk mencerdaskan dan memberikan pemahaman penyadaran terkait kebijakan yang diambil untuk kepentingan publik. Tentu pesan politik yang disampaikan memiliki bobot, nilai, visi yang kuat untuk membangun bangsa dan berpihak untuk kepentingan umum.

Saat ini, Partai Golkar sedang melakukan  konsolidasi internal dalam penguatan sistem partai. Dengan melakukan kaderisasi dan penguatan ideologisasi bagi generasi muda untuk bisa menjadi partai politik yang memiliki kemampuan paripurna di setiap kadernya.

Gerakan Partai Golkar untuk mewujudkan kader yang berkualitas, yang bisa menyampaikan pesan politik terhadap publik dilakukan melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Komunikator Politik Partai Golkar yang digelar tanggal 7-9 September 2017 di The Sultan Hotel, Jakarta.

Dalam hal ini, Partai Golkar melakukan penguatan pemahaman ideologisasi tujuan berpartai dan penguatan bagaimana melihat partai  sebagai media berjuang. Serta penguatan pemahaman tentang sosial politik dan hukum bangsa saat ini. Untuk melihat secara komprehensif persoalan bangsa saat ini yang perlu disikapi oleh partai-partai.

Partai Golkar dalam acara tersebut menghadirkan beberapa pemimpin bangsa ini dalam rangka penguatan pemahaman sosial politik dan hukum. Seperti, Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani yang hadir memaparkan persoalan perekonomian saat ini. Juga ada Bapak Kapolri yang menyampaikan soal penegakkan hukum, dan Mensesneg yang menyampaikan tentang tata kelola bangsa.

Serta yang tidak kalah menarik adalah pemaparan dari Bapak Yudi Latif yang mengambarkan persolan yang sangat fundamental, yaitu tentang Pancasila sebagai landasan kita berbangsa dan bernegara yang harus terus dimasifkan. Begitu pentingnya pemahaman soal Pancasila sebagai visi politik. Politik kita harus berlandaskan pada politik Pancasila.

Dalam penguatan pemahaman kebangsaan, Partai Golkar selalu menguatkan kadernya untuk bisa memahami secara utuh konsep kebangsaan. Menyadari begitu sakralnya partai politik dalam menjaga dan membangun bangsa, memang sudah sepantasnya partai diisi oleh orang yang paripurna secara politik dengan tidak memandang usia.

Kemampuan politik seseorang dalam partai politik memang diperlukan. Lahirnya kebijakan partai yang dilandasi oleh nilai-nilai yang bermakna akan menghasilkan output yang bagus terhadap perjalanan bangsa ini. Terwujudnya kader yang handal, yang bisa menjadi komunikator pesan-pesan politik yang disampaikan terhadap publik sudah menjadi kewajiban setiap partai untuk memilikinya.

Gagasan yang sangat brilian ini muncul serta dilakukan oleh Sekjen Partai Golkar  Idrus Marham melalui Pendidikan dan Pelatihan Komunikator Politik Partai Golkar. Kegiatan ini diharap dapat memberikan kontribusi, tidak hanya untuk kader Partai Golkar semata. Tetapi memiliki efek positif dalam perjalanan bangsa. Terkhusus dalam proses demokrasi bangsa dengan menghasilkan politisi-politisi yang handal yang memilki idealisme  untuk membangun bangsa. Ini bentuk kontribusi yang sangat berharga bagi bangsa ini. 

0 Komentar

Login Komunitas

Email Anda
Password Anda

Manfaat

  • Akses ke Forum Online Partai Golkar
  • Mendapatkan Online Newsletter Secara Berkala
  • Dapat Memberikan Komentar Pada Berita
  1. Setelah anda mendaftar anda akan menerima email verifikasi
  2. Setelah Email Verifikasi sukses, Anda akan menerima email selanjutnya yang berisikan: Nama, Email dan Password yang kami buat secara otomatis

Mari Bergabung Sekarang

Nama Anda
Email Anda

Opini Lain

Tidak Tersedia dalam mode landscape