Partai Golkar
Partai Golkar
SITEMAP
Dewan Pimpinan Pusat

PARTAI GOLKAR

Ke atas
Politik MPO DPP Partai Golkar

Peran Hebat AMPG Sebagai Kekuatan Organik Partai Golkar

25 Jan 2017
MPO DPP Partai Golkar
0.0M Views
0 Comments

“AMPG Sebagai lokomotif pembaharuan partai.” Kalimat pemantik ini, sebatas menyemangati siapa pun yang acap memukul dadanya sebagai kader AMPG. Dalam fase sejarahnya, AMPG lahir dengan torehan dinamika yang panjang bersama Partai Golkar. Memiliki hubungan dialektis seiring jatuh-bangunnya partai Golkar pasca reformasi. 

Lalu tentu, semangat kekaryaan yang berjaya pada masa lalu, tak perlu menjadi hawa yang sekedar memanasi, bahwa AMPG adalah bagian masa lalu orde baru yang berjaya. Kita tak perlu, terlalu lama terbuai dalam nostalgia sejarah kejayaan Golkar. Sejarah hanyalah pijakan untuk melangkah ke masa depan. AMPG harus menempatkan dirinya sebagai elemen vital kemenangan Golkar di pemilu 2019. Oleh sebab itu, dalam menjalankan program-programnya, AMPG harus memiliki visi kuat disertai program-program yang riil dan mampu memberikan insentif elektoral kepada Golkar di Pemilu 2019.

Sebagai salah satu kandidat kader AMPG, saya ingin meretas jalan nyata, dimana semestinya kader AMPG menempatkan telapak kakinya. Yaitu sebagai kekuatan organik partai Golkar untuk mendulang kemenangan di pemilu 2019. Langkah nyatanya adalah melalui proses konsolidasi organisasi dan penguatan sistem rekrutmen kader melalui jenjang training formal di segala tingkatan. Lembaga-lembaga kekaryaan, harus menjadi basis profesionalitas kader, agar perkaderan AMPG benar-benar menjawab kebutuhan kadernya di segala dimensi. Untuk hal ini, goal point nya adalah pada dampak kualitatif dan kuantitatif.

Grafik pertumbuhan konsolidasi organisasi AMPG dari tingkat pusat hingga DPD I dan DPD II, harus dirumuskan secara terukur dengan perolehan jumlah kader dan simpatisan Golkar baru. Demikian pun grafik pertumbuhan rekrutmen kader harus berdampak kuantitatif pada perolehan jumlah kader.

Setiap pengurus AMPG, melalui program kerja, mampu mereplikasi kader dan simpatisan baru. Karenanya, pengurus AMPG bukanlah mereka yang datang ke AMPG secara personal, tapi mereka yang datang dengan komunitasnya dan membawa hawa kondusif bagi organisasi. Terkait hal ini, AMPG harus memperkuat jejaring sosial dengan membuka diri serta menjadi tetangga yang baik bagi ormas dan OKP.

Setidaknya, dalam perhitungan kita, konsolidasi pengurus dan perkaderan harus mengagregasi potensi real voters kepada Golkar di pemilu mendatang (2019). Dengan demikian, arah gerak kerja AMPG bisa memberikan insentif elektoral pada Golkar di pemilu 2019.

Di ranah kepemudaan, pertumbuhan pemilih pemula dari 2004 - 2014 terus tumbuh. Pada pemilu 2014, pemilih pemula tumbuh 11% dari total 186 juta jiwa pemilih. Dari akselerasi pertumbuhan pemilih pemula ini, daya lekat program APMPG harus disasarkan pada komunitas-komunitas pemuda, pelajar dan mahasiswa sebagai basis pertumbuhan pemilih pemula.

Konsep kegiatan ekonomi kreatif berbasis komunitas pemuda, mahasiswa dan pelajar, harus terdeskripsi dalam perkaderan informal AMPG. Dilakukan terstruktur dengan goal point yang jelas. Komunitas pemuda yang masih pasif politik, didekati dengan program-program berbasis komunitas pemuda.

Hemat saya pun begitu, AMPG tak perlu membangun narasi politik yang melangit. Kita tak butuh 5-12 langkah, tapi itu sekedar verbalisme. Kata-kata yang sebatas memberikan harapan pada Golkar, tapi tak berakar dan tak ada strategi mengobjektifikasikannya.

Kita butuh langkah dan proyeksi yang measurable, apa dan dimana semestinya AMPG berperan. Untuk itu, menurut saya, AMPG hanya butuh tiga langkah dengan proyeksi yang terukur melalui trayek strategi yang jelas. Tiga langka sederhana itu adalah : Konsolidasi organisasi dengan modernisasi data base kader dan sistem informasi manajemen (SIM) berbasis aplikasi digital, perkuat sistem perkaderan dan Perkuat jaringan eksternal AMPG dengan penjabaran yang konkret.

Begini misalnya, Golkar punya ekspektasi sebagai pemenang pemilu 2019, dimana pemilihan legislatif dan Pilpres serentak dilaksanakan. Apa yang mestinya dilakukan AMPG? Pertanyaan ini yang akan dijawab kita bersama dalam suatu narasi besar “Rekonsolidasi AMPG Menuju Pemenangan Golkar di Pemilu 2019” Ini tawaran nyata.

Sumber

0 Komentar

Login Komunitas

Email Anda
Password Anda

Manfaat

  • Akses ke Forum Online Partai Golkar
  • Mendapatkan Online Newsletter Secara Berkala
  • Dapat Memberikan Komentar Pada Berita
  1. Setelah anda mendaftar anda akan menerima email verifikasi
  2. Setelah Email Verifikasi sukses, Anda akan menerima email selanjutnya yang berisikan: Nama, Email dan Password yang kami buat secara otomatis

Mari Bergabung Sekarang

Nama Anda
Email Anda

Opini Lain

Tidak Tersedia dalam mode landscape