Breaking News

Pemerintah Bebaskan Bea Masuk Impor Kedelai

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah membebaskan bea masuk terhadap kedelai.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya stabilisasi harga sebab hingga saat ini harga kedelai dianggap masih relatif tinggi bagi industri tahu dan tempe dalam negeri.

“Maka bea masuk yang lima persen sementara kita bebaskan. Kita harapkan ini bisa membantu para perajin tahu tempe kita,” demikian kata Hatta di kompleks kantor presiden usai sidang kabinet paripurna Rabu petang (18/9).

Dia mengatakan selama ini pemerintah menyadari bahwa harga kedelai masih menekan para perajin yang masih bergantung pada impor. Dari 2,5 juta ton kedelai yang dibutuhkan yang bisa dicukupi dalam negeri hanya hingga 800 ribu ton.

Selain itu Hatta mengatakan sudah meminta kepada Menteri Pertanian Suswono agar menyokong petani lokal menanam kedelai untuk membantu pasokan industri.

“Selama belum bisa menenuhi dalam negeri, kita impor. Makanya kita harus penuhi kebutuhan dalam negeri kita,” imbuh menteri itu.

Kebijakan bebas bea impor ini ditegaskannya hanya sementara hingga harga kedelai tidak memberatkan. Sementara Menteri Perdagangan (mendag) Gita Wirjawan dalam kesempatan berbeda mengatakan bahwa wakil presiden sebelumnya menyampaikan agar ada perubahan importir kedelai dari importir terdaftar menjadi importir umum. Hal tersebut diharapkan bisa menambah pemasok khususnya untuk kedelai.

“Semakin banyak yang bisa memasok, semakin bisa kita jaga stabilisasi tapi pasti selama ini harga kedelai terpengaruh gejolak nilai tukar dan anomali cuaca,” kata Gita Wirjawan juga di kompleks kepresidenan.

Meski demikian dia mengatakan belum melihat hubungan antara sistem importir terdaftar dengan lambatnya pasokan kedelai.

“Arahan wapres minggu lalu dalam sidang kabinet terbatas itu mengubah dari IT menjadi IU. Ini peraturan menteri (permen) akan direvisi minggu ini. Jadi nanti siapa saja mau impor boleh,” kata Gita lagi.

Sumber: Berita Satu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top