Breaking News

Parpol Harus Beri Pendidikan Politik ke Masyarakat

Senayan - Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Thohari menyatakan, semestinya partai politik menjelaskan ke masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2014. Sehingga, masyarakat memiliki cukup informasi terkait hak-hak politik yang dimilikinya dalam pemilu mendatang.

Menurut Hajriyanto, dia baru saja dari Universitas Indonesia (UI), menghadiri acara penerimaan mahasiswa baru di kampus itu, yang diisi dengan sosialiasi persiapan pelaksanaan Pemilu 2014. “Menurut saya, acara seperti itu semestinya dilakukan oleh partai-partai peserta pemilu, sebagai ajang pendidikan politik pada masyarakat. Tidak sebaliknya partai malah kalah dari kalangan kampus dalam pemberian pendidikan politik dan sosialisasi pemilu seperti itu,” ujar Hajriyanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8), seusai memenuhi undangan Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UI yang menggelar pendidikan pemilih kepada 8.500 mahasiswa baru UI.

Kata Hajriyanto, acara bertema Rock The Vote Indonesia itu juga dihadiri oleh perwakilan komisioner KPU, DPR, MPR, dan perwakilan partai politik. Menurutnya, pendidikan pemilih harusnya dilakukan oleh partai politik karena menjadi tanggung jawab mereka. “Tapi, faktanya parpol tidak melaksanakan tanggung jawab itu,” lanjutnya.

Politisi Partai Golkar tersebut menambahkan, Komisioner KPU Sigit Pamungkas yang hadir dalam kegiatan itu sempat menyosialisasikan persiapan penyelenggaraan Pemilu 2014. “Dan, menurut saya kegiatan seperti itu memang penting dilakukan untuk menekan angka golput dalam pemilu mendatang. Pendidikan pemilih adalah upaya untuk mencerdaskan pemilih terutama pemilih pemula, seperti kampanye jangan konflik dan sebagainya,” pungkasnya.

sumber: JurnalParlemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top